Teach For Indonesia bersama Student Support Office BINUS @Senayan berkolaborasi dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyelenggarakan Program Pelestarian Lingkungan di Depo Pendidikan dan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Pangeran Jayakarta, Jl Pangeran Jayakarta No 131, Jakarta Pusat pada 19 Juni 2024.

Selain di Depo Pangeran Jayakarta, program ini juga sudah dilakukan di Depo Tzu Chi lainnya. Kegiatan ini merupakan salah satu aksi nyata dalam menjaga dan mempertahankan lingkungan yang bersih dan sehat. Program Pelestarian Lingkungan yang dilakukan oleh mahasiswa BINUS University meliputi edukasi terkait pengolahan sampah dan praktik langsung daur pilah sampah. Sampah ( daur ulang ) yang dipilah dapat berupa kertas, botol plastik, alat rumah tangga, aluminium, hingga meja kursi bekas, yang dikumpulkan dari para relawan dan sumbangan masyarakat.

Sebagai volunteer, mahasiswa tidak hanya memperoleh teori, tetapi juga melihat langsung bukti nyata dan praktik memilah sampah botol plastik. Barang yang tidak parah rusaknya, akan diperbaiki (repair) dan digunakan kembali (reuse) dg semangat memperpanjang usia produk. Barang yang sudah tidak layak dipakai, akan di daur ulang kembali (recycle) menjadi barang baru untuk menghemat sumber daya alam kita. Mereka juga diajarkan agar sebelum sebuah barang berakhir di tempat sampah ataupun di tempat daur ulang, setiap orang hendaknya dapat berpikir dengan bijaksana agar saat akan membeli barang, belilah yang dibutuhkan dan bukan sekadar diinginkan (reduce), sebagai salah satu wujud aksi nyata dalam mengurangi sampah.