Siapa yang tidak kenal dengan “frozen food” ? Makanan beku yang praktis diolah ini, menjadi kesukaan sebagian besar orang dari mulai anak-anak hingga dewasa. Menjamurnya frozen food saat ini membuat para pelaku usaha senentiasa membuat inovasi dari makanan olahan tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Teach For Indonesia bersama dengan Department of Food Technology dan School of Accounting BINUS University dalam Pelatihan Pembuatan “Healthy Frozen Food” pada 8 Juni 2024 di BINUS @Alam Sutera. Kegiatan ini diikuti oleh Forum Umat Buddha (FUB) Kota Tangerang.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi oleh Ibu Dr. agr. Tina Nurkhoeriyati, S.T.P., M.Sc.  selaku Dosen dari Department of Food Technology yang menjelaskan tentang Frozen Food dan cara pembuatannya, lalu dilanjutkan dengan Ibu Banon Amelda , S.T., M.M., Cert.DA. selaku dosen dari School of Accounting yang menjelaskan tentang perhitungan biaya produksi untuk pembuatan Frozen Food.

Tidak hanya mendapatkan materi, tetapi peserta juga praktik langsung dalam pembuatan Frozen Food seperti Nugget dan Sosis. Yang berbeda dari Frozen Food dipasaran ialah Nugget dan Sosis dibuat dengan mencampurkan olahan daging dengan wortel, sehingga hasilnya akan lebih sehat dan aman dikonsumsi.

Dengan adanya pelatihan ini para peserta dapat membuat Frozen Food sendiri dirumah sehingga dapat tercipta ide usaha yang dapat dijalankan. Selain itu, para peserta dapat meningkatkan skill dalam bidang kuliner.