Pada era digital saat ini, dunia usaha termasuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) sudah harus “melek” teknologi. Banyak pelaku UMKM yang sudah menggunakan sosial media untuk berpromosi barang jualannya. Teach For Indonesia bersama dengan Community Empowerment BINUS University mengadakan Workshop UMKM yang bertemakan “Strategi Pemasaran Online & Seni Foto Produk Menarik” pada 30 April 2024 di Kampus BINUS Anggrek. Para peserta merupakan UMKM binaan BINUS yang tersebar dari berbagai area seperti Tangerang dan Jakarta.

Selain belajar tentang teknik fotografi produk, mulai dari konsep hingga editing yang dibawakan oleh Bapak Tunjung Riyadi, S.Sn., M.Sn., Bapak Abdul Aziz, S.Sn., M.Med.Kom, Ibu Rina Kartika, S.Sn., M.Sn. dan Ibu Rhomina Hestiningtyas, S.Sn, M.Ds. selaku Dosen dari School of Design, BINUS University, pada workshop ini juga di ajarkan tentang menerapkan Digital Marketing dalam kegiatan berbisnis melalui perilaku konsumen serta apa yang diinginkan oleh pelanggan. Materi Digital Marketing dibawakan oleh Bapak Dr. Sambudi Hamali, S.T, M.M, CPLM dan Ibu Primidya Kartika Miranda Soesilo, S.E., M.Sc., Ph.D Dosen BINUS Business School.

Selain materi yag didapatkan oleh para UMKM, mereka juga praktek langsung bagaimana teknik memfoto produk yang baik dan bagus, serta berinteraksi dengan mahasiswa yang berperan sebagai Volunteer melalui penggalian karakteristik konsumen yang berbeda – beda. Dengan adanya workshop ini, para UMKM menjadi lebih menguasai teknik fotografi produk dan dapat memasarkan produknya sesuai dengan keinginan para konsumen. Selain itu, dapat menerapkan ilmu nya untuk kegiatan bisnis yang dijalankan sehari – hari.