Komunikasi menjadi skill yang sangat penting untuk anak usia remaja karena erat kaitannya dengan cara mereka menyampaikan dan menerima pendapat, baik di lingkungan tempat tinggal ataupun dalam lingkungan sekolah. Keahlian komunikasi tidak hanya seputar cara berbicara yang baik, tetapi juga cara dalam meningkatkan kepercayaan diri dalam menyampaikan ataupun menerima pesan baik antar individu maupun di depan umum.

Seperti yang di lakukan oleh Teach For Indonesia bersama dengan Faculty Of Digital Communication And Hotel And Tourism dan Yayasan Bulir Padi untuk mengadakan Pelatihan Public Speaking pada 27  April 2024 di BINUS University, Kampus Anggrek.

Tujuan diadakannya pelatihan ini yakni untuk mengenal dan memahami dasar-dasar dalam komunikasi serta cara untuk menggunakan keterampilan komunikasi baik dalam kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan.  Materi Public Speaking dibawakan oleh Bapak Marginata Kurnia Putra, S.Sos., M.Si. selaku dosen Communication Department BINUS University. Peserta dari pelatihan ini adalah SMA/SMK/Sederajat yang membahas terkait pemahaman dasar tentang keterampilan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan dalam dunia kerja

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, saat berbicara di depan umum, pesan yang disampaikan harus jelas dan efektif agar dapat diterima dengan baik.