BINUS University melalui Teach For Indonesia dan Wahana Visi Indonesia mengadakan acara Serah Terima Buku Cerita Anak Tanah Papua yang dilaksanakan pada Rabu, 17 Januari 2024 di ruang Exhibition Hall, Kampus BINUS Anggrek.

Pembuatan Buku Cerita Anak Dari Tanah Papua ini merupakan hasil kolaborasi dari BINUS University melalui Teach For Indonesia dan Wahana Visi Indonesia, yang berawal dari salah satu faktor rendahnya angka literasi dan akses bahan bacaan di Papua. Buku Cerita Anak ini ditulis ceritanya adalah tim guru dari Sekolah Dasar di Papua, dibantu juga dalam pembuatan ilustrasinya oleh 5 mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (New Media) BINUS University, serta peran Wahana Visi Indonesia sebagai Editor dalam proses pengeditan buku.

Acara ini dilakukan secara hybrid (daring via Zoom) dengan mengundang Ibu Yeni, S.Hut., M.Pd, salah satu dari penulis Cerita Anak Tanah Papua, Perwakilan Tim Ilustrator dari mahasiswa DKV New Media BINUS, Jessica dan Sheny, Bapak Budi Sriherlambang, S.Sn., M in Imagineering. selaku Head of DKV New Media Program, Ibu Sabtarina Febriyanti selaku General Manager Wahana Visi Indonesia untuk kantor operasional di Papua, serta Bapak Lamech Tonggroitu,S.Pd,. M.Pd selaku KASI (Kepala Seksi) Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura. Proses Simbolisasi dilakukan oleh BINUS University, yang diwakili oleh Vice Rector Student Affairs BINUS University, Bapak Dr. Ir. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI., dengan didampingi oleh Bapak Danendro Adi, S.Sn., M.Arts, selaku Dean of School of Design BINUS University dan diterima oleh Ibu Yuventa selaku Head of Public Engagement and Communications Wahana Visi Indonesia.

Dengan diserahkannya 10 buku cerita ini, harapannya adalah kemitraan yang berkelanjutan antara BINUS University dengan Wahana Visi Indonesia dan buku cerita yang sudah dikerjakan ini dapat berdampak pada anak – anak di Papua. Tidak hanya itu, semoga dengan hadirnya bahan bacaan kontekstual pada sekolah ataupun perpustakaan akan menghasilkan kontribusi angka kenaikan literasi anak Indonesia khususnya Papua.