Pada era digital saat ini, masyarakat memilih metode yang serba cepat, mudah, dan efisien. Termasuk di sektor industri, para pelaku UMKM yang juga harus mampu menyeimbangi pengaruh teknologi yang terjadi.

Teach For Indonesia mengadakan Workshop UMKM : Pemanfaatan Microsoft Office dalam Pembuatan Kwitansi dan Invoice pada tanggal 30 November 2023 yang bertempat di BINUS @Kemanggisan,Kampus Anggrek. Workshop ini dibawakan oleh Bapak Tangkas Udiono, S.Kom., MMSI. yang merupakan dosen jurusan Sistem Informasi, BINUS University.

Kwitansi merupakan bukti pembayaran atau penerimaan dana yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli, sehingga target peserta workshop adalah para pelaku UMKM binaan BINUS University. Dan pada workshop ini dibahas mengenasi penggunaan kwitansi, invoice beserta cara pembuatannya menggunakan Microsoft Office, khususnya Excel. Peserta workshop praktek langsung menggunakan computer untuk membuat kwitansi dan invoice sesuai dengan keperluan masing – masing UMKM dibantu oleh Mahasiswa yang berperan sebagai volunteer.

Dengan adanya workshop ini, para pelaku UMKM dapat lebih terampil menggunakan computer, terutama Microsoft Office. Selain itu, dapat membantu UMKM untuk menjadi lebih terampil dan terorganisir dalam mendokumentasikan transaksi keuangan mereka dengan benar.