Peran orang tua dalam mendidik anak sangatlah penting. Orang tua akan memberikan contoh pada anak – anaknya. Pola asuh atau mendidik anak terutama generasi alpha memang tidak mudah, banyak orang tua menganggap hal tersebut sangatlah perlu.

Teach For Indonesia mengadakan Seminar “Parenting Generasi Alpha” pada 18 Oktober 2023 di BINUS University, Kampus Kijang yang ditujukan untuk orang tua peserta Bimbingan Belajar. Generasi alpha adalah generasi yang lahir pada tahun 2010 hingga 2025 dan termasuk generasi yang memahami teknologi informasi secara cepat. Hal ini memengaruhi karakteristik generasi alpha secara keseluruhan.

Melalui pemaparan materi oleh Dr. Evi Afifah Hurriyati, S.Si., M.Si., yang juga merupakan dosen Psikologi BINUS University berbicara tentang generasi alpha lebih dalam serta pola asuh terhadap putra putrinya, para orang tua mengikuti seminar dengan antusias dan diikuti oleh 70 peserta.

Seminar ini memiliki tujuan agar para orang tua dapat mengenal putra putrinya terutama generasi alpha dengan pola asuh yang tepat. Selain itu, para orang tua juga dapt menemukan permasalahan dalam proses mendidik anak modern serta solusinya.