Teach For Indonesia bersama Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan mengadakan kegiatan Penghijauan Waduk Lebak Bulus yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2023 di Jakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan 2023 Summer Program – Multi Campus Experience yang dimana memberikan kesempatan kepada Mahasiswa antar kampus (Kemanggisan, Alam Sutera, Senayan, Bekasi, Bandung, Malang dan Semarang) untuk pengembangan diri dengan mengikuti program mobility singkat. Mahasiswa dari berbagai kampus BINUS dan program studi dapat memilih kegiatan yang berlangsung di Jakarta ataupun di Semarang. Untuk kegiatan di Jakarta berlangsung pada tanggal 14 – 19 Agustus 2023 dan 22 – 26 Agustus 2023 di Semarang. Program ini merupakan kesempatan untuk mengisi waktu sela menunggu semester ganjil dengan kegiatan yang bermanfaat. Selain kegiatan penghijauan, terdapat pula kegiatan lainnya yang dapat diikuti oleh para mahasiswa di Jakarta antara lain mengenal sistem pemilahan sampah.

Kegiatan penghijauan dilakukan di Waduk Lebak Bulus dengan sejumlah 200 bibit pohon Tabebuya. Dengan dihadiri oleh Bapak Djaharudin M.Si. selaku Camat Kecamatan Cilandak, proses penanaman dilakukan dengan sangat baik dan diikuti oleh para peserta yang di bagi menjadi 10 kelompok. Setelah melakukan penanaman Pohon, mahasiswa berkunjung ke Jakarta Recycle Center (JRC), yaitu tempat sistem pengelolaan sampah dengan mengedepankan pemilahan sampah dari sumbernya.

DiĀ  JRC, Mahasiswa belajar langsung bagaimana sampah organik dan anorganik diolah. Tidak hanya belajar, mahasiswa juga praktik langsung untuk melakukan pemilahan sampah anorganik dipilah sesuai jenisnya dan dibersihkan agar dapat menjadi bahan daur ulang yang layak. Sampah anorganik yang telah dipilah sesuai jenisnya akan diproses dan dibersihkan agar dapat menjadi bahan daur ulang yang layak. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan pada dirinya melalui pengembangan komunitas, menambah relasi antar mahasiswa serta lebih peduli kepada lingkungan sekitar.