BINUS University  bersama CUBE (Universitas Wakayama) melalui Teach For Indonesia dan Jurusan Sastra Jepan BINUS University selama 5 bulan kami mengadakan pertemuan untuk pelaksanaan acara Community Development dengan Program Wakayama ASEAN Project  yang melibatkan sekolah di Bantar Gebang, pertemuan pertama dengan CUBE diadakan pada tanggal 11 Oktober 2022. Pada bulan Februari 2023 kami mengunjungi  ke Sekolah Alam dan sekolah Al-falah di Bantar Gerbang, Jawa Barat, untuk mengajar tentang pentingnya daur ulang sampah. Pada 5 Maret 2023 hingga 12 Maret 2023 kami kembali lagi kedua kalinya ke sekolah bersama CUBE (Universitas Wakayama) dari Jepang untuk mengajarkan pentingnya sportivitas dan bagaimana melakukan pertolongan pertama.

Tujuan kegiatan ini adalah ingin memberikan edukasi non formal ke sekolah yang terkena dampak pembuangan sampah. Bantar Gerbang merupakan tempat pembuangan akhir sampah dari are Jakarta, dengan luas total 110 Hektar, Bantar gerbang merupakan Tempat Pembuangan Sampah Terbersar di Indonesia. Setiap, hari jumlah volume sampah yang masuk ke TPST (Tempat Pengolaan Sampah Terpadu) Bantar Gerbang 6.500-7.000 ton perhari dari Provinsi DKI Jakarta. Wilayah yang terkena dampak adalah Kelurahan Bantar Gerbang, Kelurahan Cikiwul, Kelurahan Ciketing dan Kelurahan Sumur Batu, Bekasi,  Jawa Barat.

BINUS University dan Wakayama University melalui program Community Development bersama Tech For Indonesia ingin memberikan edukasi kepada sekolah-sekolah yang terkena dampak sampah dengan harapan sekolah bersama dengan anak-anak dapat melakukan pengelolaan sampah dari dini, juga mendapatkan edukasi non formal.