Teach For Indonesia dan Student Support Office Kampus BINUS @Kemenggisan dan @Alamsutra di Batch pertama, melakukan program mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs) No 4 yaitu Menjamin Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk semua. Program ini melibatkan Komunitas Masyarakat di lingkungan Kampus BINUS @Kemanggisan dan @Alamsutra, sebagai bentuk Fostering and Empowering the society kepada masyarakat.

Program Bimbingan Belajar ini terus dilakukan Teach For Indonesia dan Student Support Office untuk mendukung Pendidikan Indonesia. Harapan program ini dapat meningkatkan kemampuan belajar anak dan meningkatkan nilai akademis di sekolah. Program ini sangat di dukung oleh komunitas, dan orang tua murid, selain belajar dan mengajar setiap sesi akan di luangkan waktu untuk bermain. Fun Learning dapat meningkatkan kenyamanan anak untuk dapat belajar dengan mudah dan menyenangkan. Kami melibatkan hampir 160 volunteer untuk BIMBEL Batch pertama ini di tahun 2023 dengan total 350 peserta dengan perbandingan 1 volunteer akan membimbing 2-3 peserta.

Kegiatan BIMBEL ini membuka kepada peserta untuk dapat bertanya kepada volunteer yang merupakan Mahasiswa/i BINUS, bertanya tentang PR (Pekerjaan Rumah) Matematika atau Bahasa Inggris. Menurut Gabrelia Caroline, Volunteer BIMBEL dari Kampus BINUS @Alam Sutra, dengan mengikuti kebutuhan belajar dari peserta dapat memudahkan dalam mengajar karena dapat memberikan manfaat langsung dan mengajarkan metode-metode sesuai dengan pengalaman volunteer.

Harapan Teach For Indonesia dan Student Support Office adalah kegiatan ini merupakan kepedulian sesama dalam pendidikan. Banyak peserta tidak mendapatkan pendidikan yang layak dan setara, BINUS dan Volunteer / Mahasiswa/i hadir untuk memberikan ilmu dan pengalaman belajar yang menarik selama menjadi murid di sekolah. BIMBEL ini merupakan volunteer-volunteer pilihan dengan melakukan beberapa proses seleksi test, dengan proses seleksi dapat menyetarakan kemampuan volunteer untuk melakukan tugasnya.

 

————————————————————————————————————————

 Teach For Indonesia and Student Support Office at BINUS Kemanggisan and Alam Sutra campuses in the first batch are conducting a program to support Sustainable Development Goal (SDG) No. 4, which is to ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning opportunities for all. This program involves the Community in the BINUS Kemanggisan and Alam Sutra campuses as a form of fostering and empowering society.

This tutoring program is continuously conducted by Teach For Indonesia and  Student Support Office to support education in Indonesia. The program aims to improve children’s learning abilities and academic performance in school. The program is strongly supported by the community and parents of students. Aside from learning and teaching, each session includes time for playing. Fun learning can improve children’s comfort in learning easily and enjoyably. We involve almost 160 volunteers for this first batch of tutoring in 2023, with a total of 350 participants and a ratio of 1 volunteer to 2-3 participants.

The tutoring activities are open to participants to ask questions to the volunteers, who are students of BINUS, about math or English (homework). According to Gabrelia Caroline, a BIMBEL volunteer from the Alam sutra campus, meeting the learning needs of the participants can make teaching easier because it can provide immediate benefits and teach methods according to the volunteer’s experience.

Teach For Indonesia and Student Support Office hope that this program will demonstrate concern for education among the community. Many participants do not receive adequate and equal education, and BINUS and volunteer students are present to provide interesting learning experiences as former students. The selection of volunteers for this tutoring program involves a series of tests to match their abilities to perform their tasks.