Teach For Indonesia melakukan penanaman bibit mangrove di Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan bersama volunteer mahasiswa, staff beserta dosen-dosen BINUS University. Sejumlah 1.000 bibit tertanam di Kawasan Wisata Mangrove, Kabupaten Muaragembong, Bekasi, Jawa Barat pada 26 Juli 2022.

Pelaksanaan kegiatan penanaman mangrove dilakukan dengan teknik pembibitan dan penanaman dengan menggunakan metode pengayaan. Pembibitan dilakukan dengan menanam seedling dalam polibag yang sudah diisi tanah. Jenis bibit yang ditanam adalah Rizhopora Mucronata dan Rizhopora Stylosa. Penanaman dilakukan dengan jarak tanam bibit mangrove bervariasi mulai dari 1mx1m, 2mx2m, hingga 2mx5m.

Adapun penanaman mangrove yang telah dilaksanakan bertujuan untuk pemulihan ekosistem mangrove di Kawasan Wisata Mangrove Kabupaten Bekasi. Kegiatan penanaman mangrove dalam rangka pemulihan ekosistem ini diharapkan dapat memulihkan atau memperbaiki kualitas serta mempertahankan hutan mangrove, kegiatan ini juga diharapkan dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologis dan ekonomis. Dengan adanya kegiatan penanaman ini masyarakat diharapkan untuk ikut serta dalam menjaga ekosistem mangrove.

#TeachForIndonesia

#BINUSUniversity

#FosteringandEmpowering