Pelatihan UMKM Kampung Doyong, Jatiuwung

July 7, 2022

Pelatihan kewirausahaan untuk memulai usaha mikro kecil menengah (UMKM) saat ini sedang banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak terlepas dari dukungan usaha kecil menengah. Oleh karena pentingnya UMKM ini maka perlu dilakukan pelatihan UMKM guna menunjang keberlangsungan dari UMKM di Indonesia dan membantu mereka mengatasi berbagai permasalahan yang ada seperti aspek pengelolaan atau manajemen hingga aspek permodalan yang dibutuhkan.

Teach For Indonesia (TFI) di periode ini telah mencanangkan beberapa pelatihan untuk penggiat UMKM yang tersebar di beberapa area. Seperti yang baru saja dilakukan di Kampung Doyong, Jatiuwung pada Rabu, 22 Juni 2022. Pelatihan ini diisi oleh 7 dosen dari Prodi Ilmu Bisnis & Manajemen Universitas Bina Nusantara. Pelatihan ini diikuti oleh 25 bapak & ibu penggiat UMKM Kampung Doyong.

Materi yang diberikan adalah seputar ajaran untuk meningkatkan produktivitas produksi sehingga didapatkan hasil yang optimal. Dengan pelatihan juga mampu melatih ketrampilan manajerial dari pelaku UMKM dimana akan diajarkan tentang bagaimana pemecahan masalah-masalah yang dapat mengganggu produktivitas usaha. Pelatihan bisnis seperti program coaching yang ada mampu menggali potensi dan kemampuan dari pelaku usaha sehingga dapat independen dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi.

Di masa mendatang diharapkan pendampingan UMKM yang dilakukan di beberapa komunitas oleh TFI dapat membuat UMKM-UMKM yang ada lebih berdaya dan mampu meningkatkan pendapatan bagi penggiat-penggiatnya