Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, Teach For Indonesia powered by Bina Nusantara Kembali mengadakan Donor Darah yang diadakan di All Area BINUS University. Kegiatan ini diadakan serempak bersamaan dibulan Maret 2022, untuk Kampus Kemanggisan, Alam Sutera, dan Bekasi pada tanggal 30 Maret 2022 dan kampus Senayan pada tanggal 31 Maret 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh BINUSIAN, baik dari mahasiswa hingga karyawan terlihat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Di Kampus Alam Sutera diikuti oleh 76 peserta yang mendaftar, di Kemanggisan diikuti oleh 96 pendaftar, di Bekasi 66 pendaftar dan di Senayan 75 pendaftar . Kegiatan ini kembali diadakan setelah vakum selama 2 tahun karena masa pandemi.

Tujuan diselenggarakan kegiatan donor darah ini adalah salah satunya adalah untuk mewujudkan sikap peduli dan sukarela kita dalam membantu sesama. Darah adalah sesuatu yang dapat dengan mudah kita donasikan karena tubuh kita akan terus mengisi ulang untuk menggantikan jumlah darah yang hilang. Rata-rata orang dewasa memiliki 5 liter darah yang terus berputar dalam tubuh.

“Donor itu menyehatkan. Kita sehat mereka selamat. Salam kemanusiaan”, ujar salah satu pendonor.

Dijelaskan, selain untuk menyelamatkan nyawa pasien yang sedang membutuhkan darah, pendonor darah juga akan mendapat banyak manfaat. Dengan mendonorkan darah, lanjutnya, dapat mengurangi risiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, dan sebagainya.

Demikian Kegiatan donor darah ini berlangsung dengan lancar dan diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, karena belum tentu terjamin ketersediaan darah di PMI (PalangMerah Indonesia) untuk semua jenis golongan darah.

Kegiatan donor darah ini juga merupakan wadah voluntary untuk beberapa mahasiswa all area BINUS yang turut memberikan kontribusi selama berjalannya kegiatan donor darah.


As a form of concern for others, Teach For Indonesia powered by Bina Nusantara Again held a Blood Donation which was held in All Areas of BINUS University. This activity was held simultaneously in March 2022, for the Kemanggisan, Alam Sutera, and Bekasi Campuses on March 30, 2022 and the Senayan campus on March 31, 2022.

This activity was attended by BINUSIAN, both students and employees seemed enthusiastic to take part in this activity. At the Alam Sutera Campus, 76 registrants registered, 96 registrants in Kemanggisan, 66 registrants in Bekasi and 75 registrants in Senayan. This activity was held again after a 2-year vacuum due to the pandemic.

One of the aims of this blood donation activity is to realize our caring and voluntary attitude in helping others. Blood is something that we can easily donate because our bodies will constantly refill to replace the amount of blood lost. The average adult has 5 liters of blood circulating in the body.

“Donors are healthy. We are healthy they are safe. Greetings to humanity,” said one donor.

He explained, in addition to saving the lives of patients who are in need of blood, blood donors will also get many benefits. By donating blood, he continued, it can reduce the risk of heart disease, burn calories, reduce the risk of cancer, increase blood production, and so on.

Thus, this blood donation activity is carried out smoothly and is expected to help people in need, because it is not guaranteed that the availability of blood at PMI (Indonesian Red Cross) for all types of blood types.

This blood donation activity is also a voluntary forum for several students from all BINUS areas who also contribute during the blood donation activity.