Pengajaran untuk Komunitas Rumah Belajar Kemanggisan, Jakarta (2013) hasil kolaborasi volunteer Teach For Indonesia dengan komunitas BINUSIAN

June 18, 2013

“All people, when they arrive on earth, have a right to be educated; and then in return, they have the obligation to educate others. Semua orang, ketika mereka tiba di bumi, memiliki hak untuk dididik, dan kemudian sebagai balasannya, mereka memiliki kewajiban untuk mendidik orang lain. (Cuban Poet and Thinker Jose Marti)”

Untuk itulah, Teach For Indonesia membuka Komunitas Rumah Belajar Kemanggisan yang dimulai pada bulan Februari 2013. Awalnya peserta didiknya hanya berkisar 30 orang (1 ruang kelas) dari warga sekitar area Kemanggisan dengan pendampingan beberapa teman struktural volunteer TFI.

Namun kian hari, kian bertambah peserta didiknya. Hingga mencapai 150 orang peserta di awal Bulan Maret, Sehingga TFI melibatkan volunteer Mahasiswa Universitas Bina Nusantara. Pembukaan pendaftaran bagi volunteer pengajar khusus untuk Komunitas Rumah Belajar Kemanggisan ini mendapatkan antusias yang sangat baik.

Hingga akhir bulan April 2013, Total volunteer pengajar yang siap melayani berjumlah 210 orang dan peserta didiknya sudah mencapai 400 orang lebih dengan menggunakan 4 ruang kelas.

Kegiatan Pengajaran ini dilakukan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis jam 15.00 – 17.00 di Kampus Syahdan Binus University. Kelas Pengajaran ini terbuka bagi siswa-siswi SD dan SMP area warga Kemanggisan secara gratis dan berlangsung secara berkelanjutan. Adapun Pengajaran ini dilakukan tidak hanya sebatas untuk mengajar, namun juga dilakukan evaluasi nilai laporan pendidikan di setiap akhir semester.