Pelatihan Pembuatan Bakery 7 Maret 2018

March 9, 2018

Pelatihan pembuatan bakery bersama komunitas binaan TFI

Rabu, 7 Maret 2018, TFI bekerjasama dengan Jurusan Hotel Management mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan bakery atau roti. Adapun pesertanya adalah komunitas binaan TFI yaitu PERSIT YONARHANUD I dan Ibu Ibu PKK RW 12. Pelatihan dibagi menjadi 2 sesi dengan waktu pelatihan jam 10.00 sd 13.00 dan jam 13.30 sd 16.30 sore.

Sesi pertama pelatihan adalah peserta dari PERSIT YONARHANUD 1 dengan peserta sebanyak 19 orang terdiri dari ibu-ibu muda yang cantik dan sesi kedua dihadiri oleh ibu ibu PKK RW 12, meskipun perjalanan yang lumayan jauh tapi peserta dari PERSIT YONHARNUD 1 sangat antusias sekali karena ini pertama kalinya mereka datang langsung ke Binus untuk pelatihan pembuatan roti. Begitu besar antusias para peserta sehingga banyak sekali pertanyaan yang mereka ajukan setelah masuk ke kitchen Hotel Management seperti “Wah di Binus ternyata ada kitchennya ya? Besar dan luas ya?’,  Apakah ada jurusannya bu?’’ mahal tidak bu kuliahnya?’’ dan masih banyak pertanyaan lainnya, setelah Bapak dan ibu Dosen memperkenalkan diri kepada peserta maka pelatihan langsung dimulai. Dosen yang memberikan pelatihan pada sesi pagi sebanyak 6 orang Dosen dan sesi siang sebanyak 8 orang Dosen dengan telaten dan sabar mereka menerangkan kepada peserta langkah-langkah awal sampai akhir bagaimana cara pembuatan roti supaya hasil roti tidak gagal.

Berikut foto-fotonya dari awal sampai dengan akhir pembuatan roti:

Akhirnya pelatihan pembuatan roti ini telah selesai, semua peserta sangat senang dengan ilmu yang sudah didapat dan mereka berharap diundang kembali oleh Binus dalam pelatihan-pelatihan lainnya.

Kesimpulan

TFI berkomitmen untuk peningkatan taraf hidup masyarakat dan pemberdayaan masyarakat khususnya lapisan masyarakat menengah kebawah dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri dan hasilnya bisa diimplementasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari, contohnya seperti pelatihan pembuatan roti ini, dengan pelatihan ini nantinya akan menjadi bekal terutama ibu-ibu Rumah Tangga untuk menambah penghasilan dapur mereka.