Semangat Muda Indonesia 18 November 2017

November 20, 2017

Sabtu, 18 November 2017

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan, Teach For Indonesia, Bina Nusantara menyelenggarakan sebuah acara kebersamaan bersama para prajurit TNI di Batalyon Arhanudri 1/1 Kostrad Serpong, Tangerang. Acara ini merupakan sebuah kegiatan kolaborasi yang bertujuan untuk meningkatkan semangat para prajurit TNI dalam menjunjung tinggi nilai kebersamaan yang telah diperjuangkan oleh para leluhur kita. Oleh karena itu, Teach For Indonesia memilih sebuah tema yang memiliki makna serupa, yakni “Semangat Muda Indonesia”. Selanjutnya, terdapat empat kegiatan utama dalam kebersamaan ini, antara lain senam poco-poco; lomba mewarnai untuk anak-anak TK dan SD; lomba makan siul; dan bazar sembako murah.

Acara ini dimulai dengan memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa, di mana para volunteer dan prajurit TNI sudah berkumpul di tengah lapangan. Setelah selesai berdoa, tanpa berlama-lama lagi, senam pagi dimulai dengan iringan musik senam poco-poco. Tidak lupa untuk saling mengenal satu sama lain antara pasukan TNI dengan para volunteer TFI.

Setelah senam pagi diselesaikan, dua kegiatan utama berikutnya segera dimulai, yaitu lomba mewarnai untuk anak-anak TK dan SD serta lomba makan siul bagi para prajurit TNI. Selanjutnya, aturan bermain untuk lomba makan siul yang dijelaskan oleh panitia, yaitu untuk masing-masing orang dari setiap kelompok harus menghabiskan beberapa keping biskuit, telur rebus, pop mie, coca cola, serta kopi panas. Setiap orang harus bersiul setelah makan untuk dapat dilanjutkan oleh teman satu kelompok lainnya. Masing-masing ronde dengan kelompok yang berbeda. Dan masing-masing ronde juga ada yang mendapatkan juara pertama untuk siapa yang paling cepat menghabiskan makanan dan minuman tersebut serta bersiul.

Sementara itu, untuk lomba mewarnai,anak-anak TK dan SD diberi waktu sekitar 60 menit untuk mewarnai gambar yang telah disediakan oleh pihak Teach For Indonesia. Mayoritas peserta lomba mewarnai adalah anak-anak perempuan. Anak-anak ini sangat antusias dalam menyelesaikan pewarnaan gambar mereka. Tidak lupa untuk pengumuman pemenang,anak-anak diberikan bingkisan sebagai tanda terima kasih karena sudah berpartisipasi dengan senang hati.

Kegiatan terakhir yang paling ditunggu orang tua atau ibu-ibu dari anak-anak ini adalah bazar sembako murah, di mana untuk 1 paket sembako yang berisi minyak, kecap, deterjen, indomie, susu, mentega, dan gula hanya seharga Rp 40.000. Akhirnya berakhirlah seluruh rangkaiann acara kebersamaan antara Teach For Indonesia dengan prajurit TNI di Batalyon Arhanudri 1/1 Kostrad Serpong, Tangerang. Together We Can Change Indonesi.